FST Memanas… Siapakah KABEM FST 2012???

Kali ini saya akan sedikit bercerita (banyak sih :p) tentang kelanjutan musmalub FST UNAIR pada Jumat, 6 Januari 2012 lalu. Hasil dari musmalub yang pertama itu ada 2 pilihan. Yakni menentukan calon ketua BEM untuk periode 2012 atau Pembekuan BEM oleh mahasiswa. Dari setiap pilihan yang ada sudah saya jelaskan point – point penting yang ada di dalamnya tentang setiap kekurangan di setiap pilihan tersebut.

Kemudian, senin kemarin tanggal 9 Januari 2012 diadakan kembali musmalub untuk yang kedua kalinya. Namun ternyata tidak membuahkan hasil apapun. Begitu pula pada musmalub hari selasa yang bahkan terpaksa dibatalkan karena terlalu sedikitnya jumlah peserta yang hadir. Hingga akhirnya musmalub baru bisa kembali berjalan dengan normal hari ini, Rabu, 11 Januari 2012.

Musmalub dimulai sekitar pukul 16.30 WIB. Ngaret sekitar 1,5 jam dari waktu yang telah di tentukan yakni pukul 15.00 WIB. Musmalub kembali dibuka oleh Mbak Lusi (KASTART BEM 2011) selaku Presidium 1 Musmalub. Mbak lusi menjabarkan hasil terakhir Musmalub secara singkat dan juga meminta angkatan 2009 untuk menjelaskan hasil rapat angkatannya tentang pencalonan ketua BEM FST UNAIR 2012. Menurut penjelasan Mbak Nuha (Sekdept HRD JIMM 2012) dan Mbak Tanti (HIMAKI) awalnya ada 3 kandidat calon Ketua BEM. Yakni Mas Bayu (HIMAFI 2009), Mas Chandra (Komting Fakultas 2009) dan Mbak Tanti sendiri. Tapi ketiganya sama – sama menolak dengan alasan yang mereka utarakan secara gamblang dan cukup logis saya rasa. Sehingga pada akhirnya ketika waktu menunjukkan pukul 17.00 kami masih belum memiliki calon Ketua BEM 2012.

Secercah harapan kembali muncul ketika Mbak Lusi berkata bahwa sebenarnya dari angkatan 2009 ada yang ingin mencalonkan diri dan sedang menuju ke tempat musmalub di gelar. Yakni Mas Rizky Anis Advent dari HIMBIO. Mendengar hal tersebut beberapa dari peserta musmalub menghubungi Mas Rizky untuk menanyakan berapa menit lagi akan tiba di tempat musmalub berlangsung.

Sekitar pukul 18.00 Mas Rizky tiba di SC FST UNAIR. Berhubung waktu menunjukkan waktu sholat magrib, musmalub di pending selama 15 menit untuk sholat dan memindahkan sepeda motor ke parkir dalam Gazebo SI maupun Gazebo Bio.

Berhubung hujan yang turun cukup deras, akhirnya tempat musmalub di pindah ke sekre BEM di SC FST UNAIR lantai 2. Pada musmalub ini Mas Rizky diminta untuk menjelaskan Motivasinya kenapa mencalonkan diri sebagai ketua BEM FST UNAIR periode 2012 dan juga apa yang akan menjadi fokusnya ketika menjadi ketua BEM nanti. Sampai pada point ini jawaban yang di berikan oleh Mas Rizky mamu untuk memuaskan hati para peserta musmalub. Namun ketika pertanyaan sudah menjurus pada hal yang berbau jauh dari segi keilmuan di FST, Mas Rizky agak kesulitan untuk menjawab dan menyebabkan beberapa peserta musmalub merasa tidak puas dengan jawaban yang diberikan karena cenderung tidak menjawab atas apa yang di tanyakan. Menaggapi kepincangan ini, akhirnya Mas Mubarok (Ketua JIMM 2011) memberikan saran agar seluruh peserta musmalub lebih memastikan lagi masalah kualifikasi yang akan menjadi patokan untuk penilaian. Untuk itu Mas Rizky diminta untuk keluar ruangan ditemani oleh Wanto (KASTRAT BEM FST UNAIR 2011).

Setelah itu pembahasan tentang kualifikasi tersebut di awali dengan analisa dari Mas Jeck (Kabid POSDAM BEM FST UNAIR 2011) tentang keberanian besar yang dimiliki oleh seorang “Rizky Anis Advent Yudha” untuk mencalonkan diri sebagai ketua BEM 2012. Mas Jeck berujar apabila ada rentang nilai 1 –  10 maka Mas Jeck emberikan nilai 11 untuk keberaniannya. Hal yang sama juga di ungkapkan oleh Mas Farikhin (KAHIMAKI 2011) yang member point 12. Setelah membahas masalah keberanian yang dimiliki oleh Mas Rizky, yang kedua adalah masalah wawasan dan kefahaman tentang ORMAWA dan ada di tataran fakultas. Semua pihak mengakui bahwa kefahaman beliau masih kurang. Tapi meski demikian Mas Jeck (Kabid POSDAM) mengatakan bahwa wawasan setingkat itulah yang dimiliki oleh teman – teman FST. Karena tidak banyak pihak yang tau tentang seluk beluk permasalahan yang ada di fakultas. Dan menurut saya pribadi, kefahaman akan ormawa fakultas bisa dipelajari sedikit demi sedikit dan di backing oleh orang yang cukup faham masalah ormawa ketika sudah menjadi ketua BEM nantinya. Yang terakhir adalah kompetensi yang dimiliki. Dalam hal ini kompetensi yang dimiliki Mas Rizky tidak perlu di ragukan lagi, meskipun kompetensi itu dalam bidang prestasi akademik. Tapi hal itu pasti akan langsung mendapatkan dukungan penuh dari pihak dekanat. Menyandang Medali Emas di OSN PTN 2011 dan Mawapres FST 2011 saya kira sudah merupakan bukti yang konkrit tentang kompetensi dalam bidang akademik yang dimiliki oleh beliau. Selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Staf Keilmuan HIMBIO 2010, Ketua PEKAT PKM HIMBIO 2010, dan Ketua MSC HIMBIO 2010.

Disini Mas Jeck juga mengkritisi sikap dari teman – teman yang ada. Menurut beliau, kita kan hanya perlu ketua BEM untuk minta tanda tangan kegiatan. Tidak lebih dari itu. Jadi ya tidak perlulah ada ketua yang mengerti seluk beluk kampus ataupun semua ormawa yang ada. Yang terpenting ada ketua BEM, bisa tanda tangan untuk ACC kegiatan, beres sudah semua masalah ormawa yang lain. Mas Jeck berkata demikian karena adanya beberapa pihak (atau malah banyak sekali???) yang merasa bahwa BEM TIDAK ADA GUNANYA jadi sebenarnya adanya ketua BEM hanya sebagai formalitas saja.

Setelah pembahasan yang cukup seru, akhirnya mbak Tanti (HIMAKI) berbicara dengan cukup mantap. Bahwa pada akhirnya beliau juga mencalonkan diri sebagai ketua BEM FST 2011. Keputusan mbak Tanti yang terbilang tiba – tiba ini tentu saja cukup membuat kaget semua peserta musmalub yang ada di ruangan. Tapi semua langsung bisa di kendalikan. Mbak Tanti yang sekarang juga berposisi sebagai Calon ketua BEM diminta untuk turun kebawah menyusul Mas Rizky sementara seluruh peserta musmalub berdiskusi.

Penilaian kualifikasi kali ini merujuk pada Mbak Tanti. Dan Mbak Titah (BLM 2012) sebagai teman terdekat mbak Tanti menyampaikan penilaian beliau. Menurut mbak Titah, mbak Tanti adalah tipe orang yang perfeksionis dan akan selalu berusaha mencapai target yang telah dibuat. Selain itu mbak Tanti pernah menjabat sebagai Bendahara BLM 2010, Staf Kaderisasi HIMAKI 2010, Kadiv Kaderisasi HIMAKI 2011, dan juga sebagai Koord Evaluator PERFECT 2011. Selain itu Mbak Tanti juga memiliki prestasi akademik yang cukup baik.

Setelah pembahasan tentang kedua calon selesai. Pembahasan yang selanjutnya mengenai mekanisme yang akan di lakukan untuk penentuan siapakah yang akan menjadi ketua BEM nantinya. Sebagai Loncatan awal, akhirnya diputuskan bahwa akan diadakan UJI PUBLIK untuk kedua caKaBEM FST UNAIR 2012 pada Kamis, 12 Januari 2011.

Don’t miss it Guys!!! Buktikan bahwa kalian peduli!!! Buktikan bahwa kita mampu!!! Sebagai Agent of Change, Moral Force dan Iron Stock!!! ^_^

6 responses

**Apa Komentarmu???** ^o^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s