Semester 5 itu…

Semester 4 sudah berhasil di lewati dengan hasil yang cukup bagus… Semester 5 sudah mulai berjalan meski belum terlalu terasa beratnya karena belum mulai project pembuatan alat. Tapi aku disini bukan buat bahas itu kok…😀

Semester 5 itu berarti mulai masuk penjurusan yang lebih dalam. Kalo semester 1- 4 kita kuliah bareng sekelas, di semester 5 ini mulai terpisah karena ada penjurusan itu. Di Teknobiomedik sendiri ada 2 penjurusan yakni Instrumentasi medis dan Biomaterial. Bidang Instrumentasi medis nantinya akan mempelajari secara lebih mendetail tentang alat – alat elektronika yang ada di dunia medis seperti ECG (mengukur sinyal kelistrikan jantung) , EEG (sinyal kelistrikan saraf) , EMG (sinyal kelistrikan otot) , Spirometer (mengukur kadar volume udara dan kapasitas pernafasan) , Sphymmomanometer (tensimeter / pengukur tekanan darah) dan masih banyak yang lainnya. Jadi bidang Instrumentasi medis ini bidang yang mendalami masalah perangkaian, pembuatan, perbaikan, analisis, bahkan pengembangan alat – alat kedokteran. Sedangkan bidang biomaterial nantinya akan lebih menfokuskan diri pada pembuatan implan tubuh. Kalo di luar negeri seperti jerman itu seperti membuat katup jantung buatan, ginjal buatan, dll. Tapi karena Teknobiomedik ini baru satu – satunya S1 di Indonesia jadi pengaplikasiannya masih lebih sederhana seperti membuat wound dressing, gigi buatan dengan bahan dasar hidroksi apatit, pembuatan benang jahit operasi dengan penambahan getah pisang dalam pembuatannya, dll. Lalu, masuk kemanakah saya???

Setelah melewati proses bingungisasi, galau tingkat akut dan sensi berkepanjangan ( alay nih😛 ) akhirnya aku memutuskan untuk masuk Instrumentasi medis…😀 Sumpah kalo dipikir – pikir aku ini tergolong anak yang nekat. Bayangkan saja, Software masih gagap, hardware masih perlu belajar banyak, nilai juga gak bagus – bagus amat… -______- nekat kan???

Jadi, kenapa pada akhirnya aku nekat memilih Instrumentasi medis? Karena aku lebih suka Fisika dibandingkan Kimia…😀 simple tapi akan menentukan langkah untuk ke depannya. Terlebih ketika aku sudah melewati 4 minggu masa kuliah dan melalui kuis Biomaterial. Di kuis itu no 1 – 5 aku bisa menjawab dengan baik karena kuisnya bersifat open book dan semua pertanyaan kebetulan ada di catatan yang saya bawa. Tapi begitu menginjak soal no 6 barulah aku hanya bisa melongo karena soalnya itu di ambil dari skripsi senior di bidang biomaterial. Disitu aku bener – bener merasa keputusanku buat masuk Instrumen sudah relevan mengingat aku bukan orang yang benar – benar menyukai dunia kimia, sementara biomaterial berbasis kimia organik dan fisika material.

Mata kuliah yang aku ambil semester 5 ini adalah :

  1. Perangkat Antar Muka (PAM)

Biasanya kita sebut ini dengan interface. Kuliah ini diperlukan kalo nanti pas TA kita membuat alat yang butuh untuk dihubungkan ke PC. MIsalnya saja pembuatan ECG yang tampilan grafiknya ditampilkan ke PC. Kuliah ini berasanya kelanjutan dari Elektronika Digital (Eldig) dan sungguh pemahaman bahasa Inggris untuk pembacaan datasheet harus bener – bener mumpuni.

Ini salah satu bagian yang aku pelajari. Mnghubungkan dari Slot ISA, PPI 8255, ADC 0808

  1. Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Ini mata kuliah yang penting banget. Karena hamper semua alat yang ada menggunakan mikro. Makanya harus ngambil kuliah ini meski rasanya itu mumet. Mungkin karena belum masuk ke praktik jadinya berasa masih awang – awsng…😐

Ini rangkaian mikro AT-MEGA 8535

  1. Sistem Instrumentasi Medis (SIM)

Ini kuliah yang sampai saat ini paling aku suka…😀 selain karena cara penjelasan dosen yang menyenangkan, akhirnya aku bener – bener bisa mempelajari secara mendetail alat – alat medis yang ada. Seperti prinsip kerja, rangkaian, sensor pada X-RD (X-Ray Difraction ato yang biasa disebut rontgen) dan CT Scan (Computed Tomography Scan).

Ini tampilan dari bed side monitor yang ada di ruang ICU untuk memonitor keadaan pasien mulai dari tampilan ECG, oxymeter, dll

  1. Elektronika Medis (Elmed)

Ini kuliah kelanjutan dari Elektronika Analog (Elog) yang isinya rumus perhitungan untuk membuat rangkaian di alat – alat medis yang akan dibuat. Mumet memang. Tapi entah kenapa aku suka…😀

Ini adalah Rangkaian notch filter atau yang biasa disebut Band stop filter

  1. Praktikum Elektronika Medis (P.Elmed)

Kalo yang atasnya tadi itu teorinya, yang ini praktiknya. Berhubung masih awal, jadi masih belom ada project. Kalo kata Mbak Dena (senior 2009) dia itu dulu kebagian biki HR (Heart Rate) Monitor.

  1. Biomekanika dan Biotransportasi (Biomek)

Nah ini kuliah dimana aku jadi PJnya. Awalnya aku ngira ini kelanjutan dari Biolistrik karena prasyaratnya Fisika Medis (Fismed). Tapi aku merasanya ini kelanjutan dari Pengantar Teknobiomedik (Petek) Karena sampai sekarang yang di bahas masih mekanika. Dan akhirnya kembali kami harus mengukir gaya. Kebanyakan sih untuk pasien dirumah sakit yang mengalami patah tulang dan kakinya harus di gantung, atau orang yang sedang menjalani rehab medis.

Ini salah satu soal yang ada…😀

Mencari momen inersia berdasarkan dinamika itu ternyata harus dihitung menggunakan matriks😐

  1. Praktikum Biomekanika dan Biotransportasi (P.Biomek)

Kalo yang atasnya tadi itu teorinya, yang ini praktiknya. Berhubung masih awal, jadi masih belom ada project juga. Kalo kata Mbak Dena (senior 2009) kakak – kakak 2009 itu project akhirnya diminta untuk membuat spirometer.

Kunjungan ke RSPT untuk Praktikum Hemodialisa. Kata Pak Nanang (Teknisi disana) membuat Hemodialisa ini mudah dibandingkan dengan USG dan alat lab lainnya

  1. Sinyal dan Sistem (SiSi)

Nah ini nih mata kuliah yang berbasis matematika Teknik (Matek). Mulai dari intehralnya samapai persamaan – persamaannya. Mulai dari laplace, Fourier, dll. Akhirnya mau gak mau buka catetan semester 3 lagi biar lebih enak belajarnya…😀

ini materi SiSi yang masih cukup mudah buat dimengerti

  1. Metode Statistika (Metstat)

Sampe sekarang aku masih belom tau aplikasi kuliah ini di TA ataupun pekerjaanku ntar. Tapi yakin aja pasti ada manfaatnya. Karena sampe saat ini masih cukup mudah dan belom menguras otak kayak kuliah yang saya sebutkan sebelum – sebelumnya…😀

  1. Biomaterial 2 (Biomat 2)

Ini adalah lanjutan dari Biomaterial 1. Kalo di Biomat 1 itu membahas Metal dan Keramik, di Biomat 2 kembali membahas polimer (sudah pernah dapat sebagian di semester 3 pas matkul Ilmu Bahan (Ilba)) dan Komposit. Ini juga mata kuliah yang banyak Kimia Organiknya. Tapi untungnya di mata kuliah ini lebih ditekankan masalah TA yang  bisa di ambil anak – anak yang mengambil penjurusan Biomaterial. Seperti pembuatan Wound dressing dengan penambahan curcumin dsb.

Ini contoh beberapa implan yang merupakan aplikasi dari biomaterial

  1. Kimia Fisik (Kimfis)

Pasti aneh deh ya ngeliat kuliah yang satu ini. Kenapa aku yang udah semester 5 masih ambil matkul ini…😀 Ini sebenernya matkul buat semester 3. Tapi karena IP semester 2 ku jueleeeeek, akhirnya aku gak bisa ambil semua SKS semester itu. Alhasil Kimfis ini baru aku ambil semester ini. Selain kimfis, juga ada Kimia Organik (Kimor) yang belom aku ambil. Tapi berhubung jadwalnya bentrok dengan SiSi, jadinya aku ambil semester 7 nanti. Semoga gak bentrok lagi. Aku pengen lulus tepat waktu. Aamiin…🙂

Ini sedikit cerita tentang dunia kuliahku di Biomedical Engineering UA…😀 Apa ceritamu???

19 responses

  1. Waduh..kuliahnya bikin saya kliyeng2, maklum saya bukan jago bidangnya. he he he he
    Saya hanya ingin saran tentang tampilan blog.

    1. Artikel yang tampil di homepage sebaiknya terdiri dari potongan2 artikel (bukan artikel penuh seperti ini) sehingga memungkinkan pengunjung membaca lebih banyak lagi artikel yang ada. Caranya : potong artikel2 tersebut menjadi lebih pendek, sisanya akan tampak pada saat mereka klik kata penyambung “read more” dan sejenisnya.
    Simak di sini tipsnya : http://belajarngeblog.tamanblogger.com/tips-wordpress-com/cara-mengganti-kata-penyambung-read-more-blog-wordpress

    2. Badge FB terlalu panjang bentuknya nduk.

    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    • saya yang kuliah ini juga masih kliyeng – kliyeng kok pak…😀

      1. Makasih paaak buat tipsnya…
      benernya dari dulu pengen dibuat kayak gitu tapi gak tau caranya… >.<

      2. nah itu gak tau mendekinnya juga pak… ._.

    • iya lebih mudah kata pak nanang…🙂 senior TB ini juga rencana membuat membran dialisatnya untuk TA.
      hmmm… kalo untuk itu kurang tau juga…🙂 padahal harga alat hemo relatif murah…🙂 sekitar 200juta kalo yang biasa…🙂
      nah makanya semoga nantinya dengan adanya jurusan ini maka alat2 kedokteran akan lebih mudah untuk di akses…🙂 aamiin…

  2. Mbaak, saya anak surabaya yang kuliah di Bandung. Elektro sebenarnya, tapi minatnya ke biomed. Boleh minta kontak emailnya untuk tanya-tanya tentang biomed? Apalagi tentang insmed. Di sini belajar insmed cuman 2 SKS Mbak :””. Saya pengen tau lebih dalem..

**Apa Komentarmu???** ^o^

