Belajar Membuat Power Supply

Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.

Selain fungsi tersebut, power supply juga dapat berfungsai sebagai :

1.  Rectification yaitu konversi input AC menjadi DC.

2.  Voltage Transformation yaitu memberikan output tegangan/ voltage DC yang sesuai yang dibutuhkan

3.  Filtering yaitu penyaring arus listrik DC, sehingga output yang dihasilkan jauh lebih bersih.

4.  Regulation yaitu mengendalikan tegangan output, beban daya, perubahan kenaikan temperatur kerja dan toleransi perubahan tegangan daya input agar tetap stabil sesuai tingkatan yang dibutuhkan.

5.   Isolation yaitu sebagai pemisah tegangan output secara elektrik

6.      Protection yaitu pencegah terjadinya lonjakan tegangan listrik sehingga hasil tegangan output tetap stabil, biasanya dilengkapi dengan sekering sebagai antisipasi.

Sumber yang digunakan pada power supply bisa dengan menggunakan Adaptor ataupun Listrik PLN. Apabila menggunakan Listrik PLN maka harus diturunkan tegangannya. Disini trafo CT akan diperlukan untuk menurunkan nilai tegangan dan kemudian disearahkan dengan dioda (bisa menggunakan 2 buah dioda ataupun merankai 4buah dioda untuk dibuat menjadi jembatan dioda). Berikut ini adalah contoh rangkaian untuk power supply :

Rangkaian Power supply dengan Vout +5 volt

Rangkaian Power supply dengan Vout +5 volt dengan trafo biasa

Power supply keluaran +5 dan -5 volt dengan menggunakan trafo CT

Power supply keluaran +5 dan -5 volt dengan menggunakan trafo CT

Nah dari gambar di atas  bisa dilihat setelah jembatan dioda ada kapasitor. Kapasitor disini berfungsi untuk menyimpan muatan yang masuk sehingga nantinya arus yang melewati IC tidak terlalu besar. Berbicara tentang IC pada power supply yang biasa digunakan adalah 7805 yakni untuk mengubah Vout menjadi +5volt. Untuk Vout yang bernilai minus, maka IC yang digunakan berawalan 79. Dua angka di belakangnya menunjukkan besar tegangan. 05 untuk 5volt, 06 untuk 6volt, 09 untuk 9 volt, dll.

Semoga bermanfaat…🙂

**Apa Komentarmu???** ^o^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s