SEMESTER 6 KU

166325_192605750766905_100000524453181_634745_4391164_n

Kalo kemarin semester 5 kunamakan sebagai semester mumet, maka semester 6 ini kuberi julukan sebagai semester GILA! Bagaimana tidak, aku bahkan tidak menikmati liburan semester ini karena PKL (praktek kerja lapangan) sebulan penuh. Dilanjutkan minggu pertama kuliah yang langsung masuk ke materi inti. Padahal semester sebelumnya minggu pertama itu adalah kontrak kuliah. OMG!

Tapi dibalik semua itu, ada alas an utama mengapa aku mengatakan semester ini adalah semester GILA! Ada sedikitnya 6 alasan utama yang tidak bisa ku publish di sosmed ini. Bukan apa – apa. Hanya malu saja. Hehe

Baiklah… setelah semester kemarin aku berhasil menjalani 1 semester sebagai anak Instrumentasi medis dengan hasil yang Alhamdulillah cukup memuaskan, semester ini aku menaikkan targetku menjadi sedikit tidak normal, terlebih ketika memutuskan untuk mengambil 24 SKS penuh untuk semester ini. Hal ini karena aku memprogram KKN yang rencana awalnya baru akan kuprogram semester 7 nanti. Selain KKN aku juga mengulang mata kuliah kalkulus yang nilainya hancur lebur di semester dua. Sebenarnya aku juga HARUS mengulang Fisika 2 dan Kimdas 2, namun karena terbatasnya SKS dan kemumetan yang sudah sangat menumpuk, aku berniat untuk mengulang kedua mata kuliah itu di semester 8 ketika tanggunganku tersisa 6 SKS untuk skripsi.

10 hari berlalunya masa perkuliahan ini memperlihatkan gambaran umum padaku tentang kesibukan yang akan kujalani selama 1 semester ke depan (atau bahkan 3 semester ke depan??? -____-) Semester ini aku mengambil 7 mata kuliah, 2 praktikum, PKL dan KKN. Rinciannya adalah :

ü  Instrumentasi Biomedis (3 SKS)

Ini lanjutan dari mata kuliah elektronika medis (elmed) dan sistem instrumentasi medis (sim) yang ada di semester 5. Kalo di elmed, lebih kearah rangkaian dalam alat sedangkan di sim lebih kepada blok blok yang ada tiap alat. Nah di Instbio ini kami akan menggabungkan keduanya serta mempelajari peralatan medis yang belum dipelajari di semester 5 kemarin. Yang kusesali dari mata kuliah ini, kami kehilangan dosen yang ngajarnya enak banget. Beliau berhalangan memberikan kuliah kepada kami semester ini karena harus fokus melanjutkan kuliah S3 di ITS…😦 Jadi yang awalnya di ampu oleh 3 orang dosen, menjadi diampu oleh 2 orang dosen saja.

ü  Praktikum Instrumentasi Biomedis (1 SKS)

Praktikum instbio ini adalah praktek dari teori yang kami dapatkan di kuliahnya.

ü  Komputasi Biomedis (3 SKS)

Komputasi biomedis ini merupakan kelanjutan mata kuliah prokom di semester 4. Kalo instbio lebih kearah kardware maka kompbio ini lebih kea rah software. Software yang digunakan kali ini sebenarnya luas, hanya saja yang umum di pakai di jurusanku adalah Matlab dan Delphi.

ü  Praktikum Komputasi Biomedis (1 SKS)

Praktikum kompbio ini adalah praktek dari teori yang kami dapatkan di kuliahnya.

ü  Analisis Sinyal Biomedis (2 SKS)

Di mata kuliah ini, kami di ajarkan bagaimana cara mengolah suatu sinyal tubuh yang sudah di dapat oleh tranducer. Bisa secara hardware ataupun software. Tapi disini lebih ditekankan ke arah software dan analisa matematisnya.

ü Sistem Cerdas (2 SKS)

Nah ini dia pelajaran yang unik dan asli keren banget :3 (tapi semua matkul ini emang keren – keren sih) di mata kuliah siscer ini, kami di ajarkan bagaimana cara membuat kecerdasan buatan atau yang mungkin lebih di kenal dengan nama artificial intelegence.

ü  Robotika (2 SKS)

Mata kuliah yang 1 ini harusnya menjadi jurusan khusus yang dipelajari selama 4 tahun. Tapi di jurusanku di mampetkan menjadi 1 semester dengan beban kuliah HANYA 2 SKS… :3 Tak heran jika dosen yang bersangkutan sudah mewanti – wanti bahwa beliau hanya akan memberikan pelajaran mendasar tentang robotika.

ü  Metodologi Penelitian (2 SKS)

Nah nah… ini nih mata kuliah yang menambah kemumetan semester 6… :3 mata kuliah yang awalnya kukira bakal nyantai tapi ternyata ini adalah mata kuliah pencicilan proposal… Bingung harus seneng ato senep. Senep karena rasanya lengkap sudah kegilaan semester ini, tapi juga seneng karena itu proposal udah mulai dicicil semester ini (meskipun aku masih belom dapet tema yang fix buat skripsiku)

ü  Kalkulus 2 (3 SKS)

Ini mata kuliah yang benernya udah muales banget buat di ulang. Gimana nggak, di semester atas udah jarang banget ketemu sama kemumetan ini. Tapi teranyata harus tetep ketemu karena ngulang mata kuliahnya. Untung banget dosennya berbaik hati bilang kalo kami semua melakukan “pendalaman” materi karena angkatan “tua” yang ikut mata kuliah ini ada 24 ekor… ._.

ü  PKL (2 SKS)

Ini mata kuliah yang sedikit meringankan karena sudah dilaksanakan dan laporannya sudah selesai. Tinggal revisi dai dosen pembimbing dan maju buat siding. Bismillah…🙂

ü  KKN (2 SKS)

Wew… ini mata kuliah yang gak aku sangka bakal aku ambil semester ini. Awalnya aku piker gak boleh ambil KKN kalo SKSmu belom sampe 110. Tapi ternyata boleh – boleh aja. Makanya nekat ambil semester ini dengan pertimbangan KKN ini ambil yang regular dan dilaksanain pas liburan puasa ntar. Jadi liburan semester 7 menuju 8 bisa focus sama skripsi. Semngadh…😀

ü  PKM KC (Ultrasound Bone Healing Test – NO SKS – GO PIMNAS)

Alhamdulillah 1 lagi pencapaian target di semester 5. Kelompok PKM ku dinyatakan didanai oleh dikti itu membuat ide kami menjadi barang nyata dan bisa digunakan…🙂 Terimakasih banyak untuk ALLAH yang selalu memberikan yang terbaik untukku…🙂 ini hadiah sekaligus amanah dan ujian. Bismillah…

Berhubung semester ini aku sudah memasang target gila – gilaan, maka usaha yang kulakukan untuk semester inipun harus gila – gilaan juga🙂 Usaha, doa dan tawakkal… Bismillah semester ini akan lebih baik dari semester kemarin… aamiin…

6 responses

    • waalaikumsalam wr wb
      kalo info pendafatarannya bisa dilihat di wed unair langsung dek🙂 insyaALLAH lengkap disana. Kalau untuk perkenalan teknobiomediknya disini masih dikit banget siih… kita punya blog khusus teknobiomedik, alamatnya : iloveunair.blogspot.com/
      selamat menjelajaaaahhh😀

**Apa Komentarmu???** ^o^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s