Seseorang yang Menjaga Sholatnya

Aku bukan manusia yang sempurna. Terutama dalam ibadahku untuk menunjukkan kecintaanku pada Rabbku. Aku merasa begitu kurang dalam berusaha melaksanakan hal – hal yang seharusnya sudah menjadi kewajibanku. Salah satunya komitmen dalam sholat. Seringkali aku melaksanakan sholat di penghujung waktu karena alasan – alasan sepele, masih di jalanlah, masih ngerjain tugaslah, masih kuliahlah. Bahkan terkadang ketika kuliah usai, aku lebih mendahulukan untuk makan siang karena merasa lapar dibanding melakukn sholat yang jelas – jelas merupakan kebutuhkanku pada Rabbku. Ya, aku butuh sholat. Bukan karena kewajiban, tapi karena aku butuh. Tetapi terkadang kebutuhanku akan sholat tertunda karena hal – hal dunia yang sebenarnya masih bisa ditunda sebentar.

Karenanya aku selalu tergetar ketika melihat seseorang yang senantiasa menjaga dan selalu disiplin dengan sholatnya. Aku mengenal seseorang yang insyaALLAH seperti itu. Dan itu membuatku berpacu untuk menjadi lebih baik. Dan untuk seseorang yang kukenal ini, dia selalu sukses membuatku terpesona dengan segala hal yang ada padanya. Bukan cinta, bukan. Aku kagum dengan pribadinya. Dengan segala perubahan baik yang terjadi padanya. Aku telah lama mengenalnya. Sejak kami masih berada pada zaman jahiliyah kami masing – masing, aku sudah mengenalnya.

Kukatakan dia adalah seseorang yang selalu menjaga sholatnya, karena selama denganku, ketika adzan berkumandang tak peduli apapun yang sedang kami lakukan dia pasti langsung pamit untuk sholat. Tak peduli dia sedang mengajariku untuk persiapan ujian, bahkan ketika kami sedang dalam perjalanan. Aku memang sesekali saja bertemua dengannya, tapi aku percaya bahwa dia tidak pernah memanipulasi dirinya untuk terlihat baik di depanku. Karena memang seperti itulah dirinya.

Hati ini selalu tergetar ketika dia pergi untuk melaksanakan kebutuhannya akan Rabbnya. Bukan, bukan karena cinta. Tapi iri karena aku belum bisa menjadi seperti dirinya, yang pergi secepat dia bisa ketika ALLAH memanggilnya.

Aku bertemu dengan cukup banyak jenis manusia dalam rentang hidupku yang segini. Banyak dari mereka yang berkata bahwa mereka aktivis dakwah, tapi sangat sedikit sekali yang berusaha untuk tidak menunda sholatnya. Dan mungkin ini termasuk diriku meskipun aku bukanlah aktivis dakwah🙂

Tulisan ini bukan untuk membanggakan seorang teman yang kumiliki, hanya sebagai refleksi terutama diri sendiri. Memotivasi diri untuk menjadi lebih baik, karena kita hidup untuk beribadah kepada ALLAH. Dan untuk mengakui secara nyata bahwa kita selalu membutuhkan ALLAH di setiap langkah hidup kita…🙂

**Apa Komentarmu???** ^o^

